Latar Belakang Bisnis Online dan Munculnya E-Commerce di Indonesia dari Waktu ke Waktu

Latar belakang bisnis online di Indonesia merupakan sebuah proses yang cukup panjang karena mencakup perubahan gaya hidup di sebagian besar masyarakat. E-Commerce yang kini sangat di minati tidak serta merta muncul begitu saja di tengah maraknya bisnis online.

Terlebih sejak masa pandemi, e-commerce seperti Shopee Lazada dan Tokopedia menjadi tempat belanja yang paling banyak di kunjungi bahkan hingga saat ini. Baca juga Strategi Bisnis Online untuk merasakan keuntungan dan membuat bisnis jauh lebih berkembang pesat.

Latar Belakang Bisnis Online

Latar Belakang Bisnis Online, Awal Mula Munculnya E-Commerce

e-commerce sebenarnya sudah ada sejak tahun 90-an di mana Kaskus berdiri pada tahun 1999. Dan pada saat itu masih sangat jarang ada e-commerce di Indonesia. Setelah Kaskus berhasil menjadi e-commerce yang terkenal, muncullah bhineka.com.

READ  Strategi Bisnis Online Dan Beberapa Bisnis Online Yang Dapat Anda Lakukan

Karena beberapa e-commerce mulai bermunculan, pemerintah pun mulai menyusun undang-undang e-commerce pada tahun 2001. Tidak berhenti di situ, di tahun 2003, ada multiply.com yang turut meramaikan pasar e-commerce, kemudian Toko Bagus yang kini berubah menjadi olx.com pun muncul di tahun 2005.

Setelah itu, banyak e-commerce mulai bermunculan dengan adanya Bukalapak dan Blibli di tahun 2010. Di ikuti dengan layanan tiket online yaitu tiket.com yang berdiri di tahun 2011.

Munculnya Harbolnas di Indonesia

Latar belakang bisnis online di tahun 2012 cukup menarik. Tahun itu menjadi tahun di mana harbolnas pertama kali muncul di Indonesia dan di tahun itu jugalah pertama kalinya traveloka hadir sebagai layanan tiket online. Selain itu, Lazada sebagau salah satu e-commerce terbesar di Indonesia juga muncul di tahun yang sama.

READ  Terapkan 2 Strategi Bisnis Online untuk Merasakan Keuntungan

Setahun kemudian, muncullah Zalora di tahun 2014 dan di susul oleh Shopee yang berdiri di tahun 2015. Sebagai seorang e-commerce baru saat itu. Shopee membuat gebrakan yang cukup mengejutkan karena hanya dalam waktu dua tahun saja, Shopee berhasil menguasai pasar e-commerce di tahun 2017.

Perkembangan e-commerce di Indonesia tidaklah pesat. Awal mula kemunculannya, masih banyak masyarakat yang awam cara berbelanja online. Selain itu, fitur-fitue e-commerce pun banyak di kembangkan, mulai dari yang hanya menyediakan produk fisik saja, hingga memberikan layanan pembayaran tagihan dan lainnya.

Latar belakang bisnis online di Indonesia menggambarkan sebuah perubahan gaya hidup dan pola pikir masyarakat. Belanja online pun menjadi hal yang wajar dan biasa di lakukan saat ini, berbeda dari beberapa tahun yang lalu.

READ  Inilah Kiat Sukses Untuk Bisa Dapatkan Bisnis Online Yang Tidak Menipu